Red War Think with No Brain

Review Ramadhan | Oktober 25, 2006

Ramadhan dah berlalu… Syawal 1427 H pun tiba…

tiap ramadhan, yg saya perhatikan, banyak orang yang mendadak rajin beribadah

tp biasanya cm awal2nya aja..

sholat, puasa, tarawih… cm semangat awalnya aja…

yah mungkin disini ada kesalahan pemahaman dr manusia itu sendiri…

mereka pada semangat ibadah di awal2 puasa karena pahala yg dijanjikan Allah super duper wah banget

kaya keutamaan2 sholat tarawih.

ya klo malam pertama aja dia dah reborn, terlahir kembali, tanpa dosa, suci. jadi mungkin dia mikir buat apa ibadah laen klo dosa dah ga ada…..

saya sendiri bukan orang yg taat melaksanakan simbol2 agama saya, tp jujur saya prihatin dgn kondisi kaya gitu. mungkin udah saatnya para pemuka umat ngasih pendekatan yg beda, gak lg ngumbar janji2 pahala or dosa… karna klo itu yg masih diumbar, saya yakin umat beragama akan semakin menjauh dr ketulusan beribadah


Ditulis dalam Agama

5 Komentar »

  1. Ho-oh yah… kalo masalah pahala-dosa, surga-neraka mulu yg ia bahas atau baik-buruk, kita ini seolah-olah tidak dibumi lagi. Padahal yg terpenting adalah menggunakan pendekatan keseharian yg bener2 bersifat operasional, yang langsung menyentuh qolbu diri, lalu diterapkan tanpa terpaksakan.

    Komentar oleh rip — Oktober 27, 2006 @ 11:23 pm

  2. Untuk membuat anak kecil jadi beradab, konon memang harus diiming-imingi permen atau menakut-nakutinya dengan hukuman.

    Konon lagi anak kecil memang harus diancam2 atau diiming-imingi karena kemanusiaan mereka belum tumbuh. Masih seperti hewan, harus dicambuk bila salah, dan diberi hadiah bila berbuat sesuai keinginan sang pawang.

    Doktrin surga neraka punya tujuan yang sama. Membuat agar para biadab jadi lebih beradab. Dan beberapa orang memang menikmati sekali diperlakukan seperti itu, bahkan mereka berusaha memaksakan cara yang sama pada orang lain.

    Masih relevankah? Efektifkah? Hasilnya makin beradab atau sebaliknya?

    Komentar oleh wadehel — Oktober 28, 2006 @ 12:49 am

  3. ooh ya… silahkan kalau berkenan menambahkan link tersebut pada situs ini ( http://www.mediamuslim.info dan lainnya ). Terima Kasih Banyak. semoga kami menjadi referensi yang menyenangkan bagi anda

    Komentar oleh jelajahdunia — Desember 2, 2006 @ 10:47 pm

  4. mmm..
    beribadah yang sebenar2nya adalah dimana kita beribadah atas dasar bahwa kita sebagai manusia merasa butuh akan Allah swt, jadi kita beribadah hanya dan hanya untuk Allah swt..

    apabila kita beribadah atas dasar “di-iming-iming-i” surga atau “ditakut2i” oleh adanya neraka.. itu sama saja dengan beribadah atas dasar bahwa Allah yang butuh kita.

    Sebenarnya surga-neraka itu bukan sebagai iming2 atau biar takut, Allah swt ( atas dasar cinta Allah swt pada manusia ) hanya memberitahukan konsekuensi atas segala apa2 yang hambaNYA lakukan.. klo beramal sholeh yah insyaAllah dapat surga, kalo beramal salah yah neraka.. Allah swt tidak butuh manusia utk mengisi surga atau neraka.. tetapi kita yang butuh akan Allah, terserah pada diri masing2 apakah ingin surga atau neraka..

    semoga berguna..

    Komentar oleh oRiDo — Januari 8, 2007 @ 4:50 am

  5. ramadhan 1428 H mulai nya kapan ya

    Komentar oleh asmara — Agustus 7, 2007 @ 10:05 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About author

Aku cm anak manusia yg mencoba mmbebaskan diri dari belenggu DOKTRIN yg ada.... Berpikir penuh LOGIKA tanpa pikiran yg ada (DOKTRIN)

Cari

Navigasi

Kategori:

Links:

Archives:

Feeds

%d blogger menyukai ini: