Red War Think with No Brain

Pendidikan Immoral | Mei 27, 2007

Dah lama gak nulis diblog, alasannya mati ide, sok sibuk, jarang online…. akhirnya skr maksain nulis lagi….

mo ngulas sdikit tentang dunia pendidikan kita yg bukan makin maju, tp makin mundur. Koq bisa ya???

dilihat dr segi fasilitas, sekolah skr jelas lebih maju dibanding dulu, walaupun masih ada banyak skolah yang ga layak pakai. ini bs kita liat dr keberadaan sekolah sekolah super duper mahal yg numpunk dibeberapa kota besar. bahkan skr dah banyak sekolah2 yg katanya udah standar nasional bahkan ada yg internasional.

sistem standarisasinya gimana sy jg kurang faham, menurut info yg sy dapet (bukan dr hasil tapa, apalagi ngedatengin dukun) dr beberapa temen yg dr dunia pendidikan, sekolah standar nasional itu diliat dr fasilitas dan kelulusan siswa dalam UN 100% + rata2 UNnya harus diatas standar kelulusan (klo gak salah 6 or 7, sy lupa) itu cm beberapa syarat, masih ada syarat2 lain yg sy gak tangkep karna otak sy dah gak jelas lg mikirin apa.

trus apa bener sekolah2 itu berhasil mendidik anak didiknya sehingga para siswanya bs lulus dgn nilai UN diatas standar pemerintah??? dgn kelengkapan fasilitas+guru2 yg katanya selalu di upgrade kemampuannya+program2 lokal unggulan sekolah, harusnya sih bs… tp ternyata dr Un 2007 ini, sy menemukan banyak fakta. ternyata sekolah2 yg katanya sekolah unggulan gak luput dr kecurangan.

klo disekolah2 swasta yg kategori menengah kebawah kecurangan2 itu hal yg sy maklumi, knp?? karna hampir 100% siswa2 sekolah swasta itu merupakan siswa saringan yg terdepak dr sekolah2 negeri (dikota saya, kota hujan, sekolah swasta jarang yg jd favorit) anak2 yg pinter banyak yg masuk negeri, tp untuk yg otaknya pas2an mau gak mau harus masuk sekolah swasta, kecuali tu anak punya ortu yg kaya jd bs nyogok or punya kekuasaan biar bs nitip anaknya ma orang dinas pendidikan.

ketika sy ngobrol ma org2 yg lumayan lama hidup di dupen(dunia pendidikan) hal2 kaya gini (kecurangan2) dah lumrah terjadi sejak UN di adain ma pemerintah. Dulu waktu masih pake sistem EBTA/EBTANAS, kecurangan2 tetap ada, cm gak semassal sekarang. dulu yg melakukan kecurangan cm oknum guru tertentu, skr kecurangan2 yg terjadi dah jadi kecurangan berjamaah, gimana ngga, mulai dari kepsek sampe guru dihampir sekolah melakukan beragam taktik biar semua anak didiknya lulus.

hal ini jg terjadi disekolah2 unggulan yg katanya udah standar nasional or internasional. apalagi sekolah itu punya kepentingan yg sangat besar: REPUTASI SEKOLAH. apa kata dunia klo sekolah yg udah punya standar tinggi itu ada siswa yg gak lulus, atau nilai rata2 UNnya cm pas2an…..

disalah satu sekolah terfavorif di kota saya, sekolah yg katanya punya segudang prestasi, dah standar nasional, kecurangan itu jg terjadi. modus operandi ngasih kunci jawaban  UN ke siswa via sms di pagi hari, sekitar jam 6. makanya di kota saya ini ketika UN berlangsung, hampir semua siswa udah kumpul disekolahnya sekitar jam 6, padahal UN br dimulai jam 7.30. ade saya yg sekolah di sekolah favorit tersebut jg kebagian sms, dr guru bidang studinya. … Untuk matematika dia dapet 18 kunci jawaban, B indo 30 jawaban, b ingg dapet 32 kunci jawaban…..

pas sy tanya ade sy, dia bilang beberapa hari sebelum UN, ada beberapa perwakilan kelas yg dipanggil ma guru termasuk ade sy, di situ gurunya ngasih tau trik2 yg harus di ikutin ma siswa, jd setiap ruang ada 4 anak yg dikasih kunci jawaban, 2 paket A, 2 paket B. tugas anak2 pilihan ini harus menyebarkan kunci ini ke anak2 lainnya yg satu ruangan. jdi satu anak harus nyebarin ke 4 anak lain. cepat dan bersih…..

Modus seperti  ini banyak dipakai ma sekolah2, walaupun ada jg modus2 lain seperti ngasih kunci ketika UN dimulai, jd ada anak yg pergi ke WC, di wc adh ada guru yg nunggu dgn kertas kunci jawaban, ada jg yg terang2an ngasih kunci dalam ruang ujian.

Orang2 dinas pendidikan jg tau, cm pura2 gak tau. malah dalam kunjungan salah satu pejabat dr dinas pendidikan kesekolah tempat sy ngajar, sebelum UN berlangsung dgn tegas dia bilang “UN dikota ini harus sukses” dan ada rekan sy yg bilang “dgn cara apapun pak???”  tanpa ragu dia bilang “klo emang terpaksa, knp ngga”

Klo dah massal gini kecurangan apa yg bakal terjadi ma generasi penerus. anak2 yg harusnya dididik biar jujur malah diajarin berbuat curang.

UN cm ini adalah lahan empuk buat org2 dinas pendidikan nyari duit, makanya gak mungkin di ilangin……

kiata tinggal tunggu aja gimana bangsa yg makin lama makin immoral ini kedepannya.

BTW, sekolah tempat sy jg melakukan kecurangan yg sama, tp sy gak mau lapor, masih butuh pekerjaan ini. gak mau nasib sy kaya guru2 yg lapor dimedan. mereka semua pada disuruh ngundurin diri or dipecat tidak terhormat.


Ditulis dalam Cerita, Government, kritik

4 Komentar »

  1. kaya aq neh gak bermoral

    Komentar oleh memekindah — Juni 19, 2008 @ 12:46 pm

  2. Betul bang, saya setuju pendapatnya

    Komentar oleh awandragon — April 24, 2011 @ 5:37 am

  3. Artikel yang menarik,
    kunjung balik yaaaaaay

    Komentar oleh ardansirodjuddin — Juli 26, 2011 @ 8:16 am

  4. 1.u6211u89c9u5f97u5065u5eb7u7684u4f53u9b44u662fu6700u91cdu8981u7684uff0cu7136u540eu624du662fu9ad8u5c1au7684u54c1u5fb7u4feeu517buff0cu7f8eu4e3du7684u59 Click http://d2.ae/hool090745

    Komentar oleh billyhebert80122 — April 8, 2016 @ 11:51 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About author

Aku cm anak manusia yg mencoba mmbebaskan diri dari belenggu DOKTRIN yg ada.... Berpikir penuh LOGIKA tanpa pikiran yg ada (DOKTRIN)

Cari

Navigasi

Kategori:

Links:

Archives:

Feeds

%d blogger menyukai ini: